Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo, Sueger Banget

Posted on

Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo – Es dawet identik dengan warna hijau atau merah yang berasal dari pewarna makanan atau pewarna alami dari daun suji seperti pada resep es dawet ayu.. Tapi ketika kamu melintasi jalan di sekitar Purworejo, Jawa Tengah kamu akan menemukan beberapa penjual dawet ireng di pinggir pinggir jalan. Ireng dalam bahasa jawa berarti hitam, jadi es dawet tersebut berwarna hitam pekat. Es dawet ireng ini bisa kamu buat untuk buka puasa nanti. Rasanya sangat segar, rasa dahaga setelah seharian berpuasa langsung sirna sudah.

Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo, Sueger Banget
Resep Es Dawet Ireng Asli Purworejo

Warna hitam pada es dawet ireng khas purworejo tersebut berasal dari bahan almi yakni batang padi yang dibakar atau yang disebut merang. Jadi batang padi tersebut dibakar sehingga menjadi serpihan serpihan. Kemudian abu merang tersebut dicampur dengan air lalu diambil airnya sebagai pewarna es dawet ireng.  Selain memberikan warna hitam pekat, merang juga membuat tekstur dawet jadi kenyal. Di beberapa daerah yang masih memiliki lahan persawahan luas, tak sulit untuk menemukan merang. Tapi di kota kota besar seperti Jakarta, tentu agak kesulitan untuk mencari bahan pewarna hitam alami ini. Jadi kamu bisa menggantinya dengan pewarna makanan hitam yang dijual di toko toko atau supermarket.

Sedangkan untuk bahan pembuatanya sedikit berbeda dengan es dawet ayu khas banjarnegara. Bahan es dawet ireng ini tidak menggunakan tepung beras melainkan tepung sagu aren. Sagu aren ini terbuat dari batang pohon aren. Tekstur yang dihasilkan lebih lembat dibandingkan dawet yang terbuat dari tepung beras. Dawet ireng paling seger dicampur dengan santan kelapa asli seperti es dawet ireng asli purworejo. Namun perlu kamu ketahui, santan tidak bisa bertahan lama sehingga harus segera dikonsumsi. Bagi yang tinggal di luar jawa tengah, mungkin agak kesulitan untuk merasakan nikmatnya es dawet ireng khas purworejo. Untuk itu kamu bisa membuat sendiri di rumah.

Baca juga: Resep Bubble Milk Tea Untuk Buka Puasa

Cara membuat es dawer ireng purworejo tidaklah seribet yang kamu fikirkan. Resep berikut ini bisa dipraktikan oleh siapa saja termasuk kamu yang baru pertama kali membuat es dawet ireng. Jika kesulita mencari abu merang, gunakan saja pewarna makanan yang dijual disupermarket. Yuk langsung saja siapkan bahan bahan untuk membuat es dawet ireng berikut ini.

Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo

Bahan membuat dawet ireng purworejo

  • tepung sagu 50 gram
  • tepung beras 60 gram
  • air 600 ml
  • garam 1 sendok teh
  • abu merang 1 1/2 sendok makan, larutakan dan saring.
  • pewarna hitam seujung sendok teh
Bahan Sirup Es Dawet
  • gula merah 250 gram, sisir
  • daun pandan 2 lembar
  • air 250 ml
Bahan Kuah Santan Dawet Ireng Khas Purworejo
  • santan 1/2 liter dari 1/2 butir kelapa
  • daun pandan 2 lembar
  • garam 1/4 sendok teh
Bahan Pelengkap
  • tape ketan
  • nangka 3  mata, potong potong
  • es batu

Cara Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo

  1. Pertama tama buat dawet irengnya dulu. Campur tepung sagu, tepung beras, air, garam, air abu merang serta pewarna makanan. Kemudian masak sambil terus diaduk hingga meletup letup dan kental.
  2. Siapkan baskom, isi dengan es batu. Tuangkan adonan cendol diatasnya dengan disaring menggunakan cetakan cendol
  3. Setelah itu buat sirupnya, didihkan semua bahan sirup dengan api kecil saja. masak sampai kental
  4. Sedangkan untuk emmbuat kuah santan, rebuslah santan bersama garam dan daun pandan. Aduk agar tak pecah dan masak sampai mendidih
  5. Terakhir tinggal penyajian. Isi gelas dengan cendol nangka, dan tape ketan. Siram dengan sirup dan kuah santan. Terakhir tambahkan es serut.
Semoga dengan Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo diatas, buka puasamu lebih terasa segar. Agar lebih nikmat, sebaiknya gunakan gula aren bukan gula merah dari pohon kelapa. Penggunaan bahan pelengkap sebenarnya optional, namun nangka dapat memberikan aroma yang wangi dan rasanya semakin menggoda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *